Buku Tamu

Halaman ini digunakan untuk meninggalkan pesan, kesan, saran, dan masukan untuk blog ini dan bukan merupakan tempat konsultasi. Terima kasih.

15 comments

      1. Psikopat adalah suatu gangguan kepribadian di mana seseorang tidak memiliki suatu superego. Mungkin dalam istilah awam superego ini dapat disetarakan dengan hati nurani. Seorang psikopat tidak memiliki perasaan bersalah sama sekali saat melanggar nilai-nilai dan norma sosial dan sering melakukannya secara sengaja untuk kepentingan pribadi.

        Namun untuk mendiagnosis apakah seseorang merupakan seorang psikopat tentu memerlukan pemeriksaan psikiatri secara menyeluruh dan dengan observasi ketat

        Mengingat psikopat merupakan suatu gangguan kepribadian, terapi yang dilakukan bukanlah obat namun pembinaan dan pengawasan ketat dengan hukum.

  1. Hai Dr, saya mau tanya
    apakah dokter psikiater bisa salah memprediksi apakah seseorang itu perlu psikolog, teman , atau membutuhkan sesuatu.
    apakah dokter psikiater itu pernah salah menilai seseorang mempunyai masalah atau tidak?

    Terima kasih atas jawabannya🙂

  2. dok, saya punya teman perempuan (sebut saja B) usia 21 dengan kesibukan rata-rata. selama ini B bermasalah dengan tempramen. emosinya bisa meledak-ledak saat marah dan merugikan orang lain. ketika hati sedang dingin, B menyesal dan malu untuk mengingatnya dan berniat untuk merubahnya. namun, ketika keadaan kembali memanas, tempramennya naik lagi seolah ia tak pernah punya niat seperti sebelumnya. yang saya tanyakan, faktor apa yang menyebabkan tingkat tempramennya seperti itu? apakah karena stress yang berkepanjangan? lalu, bagaimana solusinya?

  3. Dokter, trimakasih atas artikelnya yg sangat membantu. waktu saya kecil, ibu saya mulai mengidap penyakit aneh. Itu mulai 16 tahun yang lalu. Karena keterbatasan pengetahuan keluarga tidak dapat mendefinisikan penyakit Ibu saya dan mulai menyangka bahwa Ibu terkena gangguan makhluk halus karena terkadang beliau seperti orang nomal dan terkadang tidak. Kami keluarganya jadi tercerai berai karena harus merawat ibu dengan segala upaya yang lebih dari yang kami mampu. Kami putus asa, mohon saran bagaimana kami harus bereaksi menghadapi penderita Skizoprenia kronis seperti ibu saya. Kamai sudah sering kali di usir tetangga dan terpaksa berpindah pindah rumah. Msyarakat tidak mau mengerti apa yang kami hadapi dirumah.

    1. Dear Arie,

      Maaf sekali karena blog ini terbengkalai karena kesibukan saya dan saya baru sempat membalas pertanyaan-pertanyaan yang masuk di hari ini. Arie, syarat yang sangat penting sebagai keluarga seorang penderita Skizofrenia adalah jangan pernah berputus asa. Skizofrenia merupakan penyakit medis dan dapat diobati. Apakah selama ini ibu pernah dibawa berobat ke dokter psikiater? Bila tidak pernah maka segeralah bawa ibu pergi ke dokter. Dokter psikiater biasanya dapat ditemui di RSUD atau RSJ setempat. Segeralah bawa ibu untuk berobat Arie, percayalah kondisi ibu akan dapat mengalami perbaikan.

      Salam,

      dr.Irma

  4. Dokter, saya sedang mencari buku2 tentang psikopati tapi sulit sekali, dimana saya mendapatkannya? Terima kasih….

    1. Dear Taufik,

      Maaf karena sy sudah jarang memanage blog ini dan sudah lama tidak login. Buku-buku psikopat dalam bahasa indonesia memang sulit untuk ditemukan. Saran sy bila memang ingin membacanya dapat coba mencari ebook dalam bahasa inggris atau membeli online di amazon

  5. Salam dok.
    Saya prmpuan 19 th. Saya kuliah d tempat dn jurusan yg tdk ay inginkan. Pada awalnya sya mncoba untuk menerima ttpi setiap mengikuti kuliah ada rsa hampa dn sedih bahkn menangis. Sya mengalami sulit tdr atau tdr yg belebihan. Sering merasa sedih dn menangis tmpa sebab. Saat temn sya brtanya ada apa sya tdk tau jawabnya lbh lagi apa bila org brtanya apa yg sya inginkan sya tdk tau jwabannya. Awalnya sya mncoba mnerima keadaan mencoba bertemn dengan bnyak org tp kemudian sya merasa tdk ingin kuliah dn tdk msuk menjauh dari temn2 tdk ada semangat pesimis mudah cemas mudah tersinggung tkut menghadapi seauatu bahkan utuk menemui dosen sya tkut. Saya merasa tdk bs melakukan apa2 lg. Tetapi ada waktunya saya mnjadi org ceria yaitu setiap di dekat org lain sya seperti org yg tdk mengalami apa2 terlepas dr itu sya sering murung dn setiap sya mencri kenangan bahagia sya tdk bs mnemukannya. Apa yg sya alami dok apa hanya krna sifat egois saya atau sya depresi.

    Teimakasih dok.

    1. Dear lee,

      Maaf karena saya baru dapat membalas konsultasinya. Nampaknya lee saat ini mengalami sindroma depresi, yang ditandai dengan munculnya rasa sedih, hampa, malas beraktivitas, serta gangguan pada fungsi vegetatif berupa sulit tidur atau tidur berlebihan, dan menarik diri dari pergaulan. Untuk mengatasinya, lee dapat mencoba menceritakan perasaan tidak enak pada orang lain ataupun menguranginya dengan melakukan aktivitas positif seperti berolah raga. Namun bila hal-hal tersebut belum membantu maka lee dapat melakukan konseling dengan psikiater atau psikolog.

      Salam,

      dr.irma

Pesan Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s